Selengkapnya Obyek Wisata Air Terjun Anglo

Wisata Desa Air Terjun Sinar Tiga di Desa Harapan Jaya

Way Ratai – Penasaran dengan Air Terjun Sinar Tiga yang terletak di Way Ratai Pesawaran. Bertahun-tahun tinggal di Lampung minim sekali pengetahuan tentang air terjun yang banyak terdapat di Lampung. Kebetulan bertemu Heri Riyato, seorang kawan yang sudah duluan ke sana, akhirnya kami berencana ikut trip sehari yang diadakan oleh IG: HastCoffee.

Tepat pukul 07:30, Sabtu (12/12/2015), kami dijemput di Ramayana Tanjungkarang. Saya, Budhi Marta Utama, dan Rizki Anugerah, langsung menaiki 2 minibus yang disediakan panitia trip. Lalu menjemput Tri dan Christin Maria di Teluk Betung. Lalu cusss menuju dusun Sinar II, desa Harapan Jaya, Way Ratai.

Desa Harapan Jaya ini terletak di ketinggian 600 meter DPL. Suasananya asri dan sejuk. Banyak kebun kopi dan

kakao di sini. Kita bisa mengunjungi salah satu kebun kopi yang memiliki dua jenis varian, Arabica dan Robusta di ujung desa. Namun karena hujan yang agak lama, kami memutuskan untuk melihat budi daya jamur dan langsung ke air terjun.

Dari dusun Sinar II, dengan mobil kami menuju dusun Sinar III. Dari sinilah kami harus berjalan kaki menyusuri kali dengan air yang deras dan jernih dari air terjun. Medannya tidak terlalu berat. Kawan-kawan dari sebuah sekolah alam, baik guru berjilbab rapat dan pakaian serba longgar plus murid-muridnya, terlihat santai berjalan menyusuri jalan setapak yang beberapa kali menanjak dan menurun.

“Kalau cepat bisa sampai dalam 15 menit, kalau santai kurang lebih 30 menit lah”, kata mbak Eka yang menjadi guide lokal kami.

Sesampainya di air terjun hal pertama yang sebagian peserta lakukan tentu saja berfoto ria, baik ramai-ramai maupun selfie. Saya dan Budhi Marta mencoba memotret dari beberapa sudut yang dianggap menarik.

Air terjunnya deras, tidak ada yang berani mandi tepat di bawah jatuhnya air. Kebayang deh rasanya bakal seperti dihujam batu. Beberapa memilih mandi di sekitar jatuhan air.

Sebagian lagi memilih duduk-duduk menikmati keindahan air terjun sambil ngemil jajanan yang dibawa masing-masing. Sedangkan panitia menyiapkan kopi yang sudah langsung kami serbu saat siap disajikan. Pas banget di tengah suasana sejuk saat itu.

Sumber :
Yopie Pangkey, _kelilinglampung.wordpress.com, 21 Januari 2016