Selengkapnya Obyek Wisata Air Terjun Anglo

Soal Perbup APBD, Pemprov Segera Undang Pemkab Pesawaran

BANDARLAMPUNG – Pemprov Lampung segera mengundang Pemkab Pesawaran untuk membahas penerbitan peraturan bupati (perbup) tentang pengesahan APBD 2012. Pemkab Pesawaran sendiri sudah melengkapi persyaratan penerbitan perbup.

’’Betul, sudah lengkap dan (draf perbup) juga sudah masuk,” kata Kepala Biro Keuangan Pemprov Lampung Lizar Ansyori kemarin.

Meski begitu, Lizar mengatakan, pemeriksaan draf perbup itu belum berjalan. Menurutnya, surat pemberitahuan tentang perbup sudah disampaikan kepada gubernur.

’’Surat ke gubernur baru kita naikkan. Dalam waktu dekat, kita akan mengundang Pemkab Pesawaran untuk membicarakan perbup. Secepatnya kita jadwalkan,” ujarnya.

Lizar juga mengklarifikasi bahwa masa evaluasi perbup adalah 30 hari. ’’Sebelumnya dikatakan 15 hari. Nah, itu saya katakan untuk perda. Tapi, untuk perbup waktu evaluasinya lebih lama yakni 30 hari,” sebut dia.

Diketahui, draf perbup sampai ke pemprov pada Senin sore (5/3), beberapa jam setelah sejumlah anggota DPRD Pesawaran datang meminta perbup dibatalkan.

Lizar mengatakan, ketika itu draf perbup masih harus dilengkapi. Paling tidak ada dua item yang dinilai belum lengkap. Yakni surat pengantar dari bupati yang belum sempurna dan risalah sidang.

Terpisah, Kabag Keuangan Pemkab Pesawaran Yosa Rizal mengatakan, pihaknya masih menunggu undangan resmi dari pemprov mengevaluasi perbup itu.

’’Kita masih menunggu. Nantinya pembahasan akan dilaksanakan Biro Keuangan Pemprov Lampung bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Pesawaran,” tuturnya kemarin.

Terkait penerbitan perbup tentang pengesahan APBD 2012 ini, Senin (5/3), sebelas anggota Badan Anggaran (Banang) DPRD Pesawaran mendatangi Pemprov dan DPRD Lampung. Selain memprotes penerbitan perbup, mereka juga menyatakan sanggup membahas RAPBD Pesawaran.

Juru bicara anggota banang yang hadir, M. Nasir, mengatakan, jika sampai perbup dipakai, Pesawaran akan merugi. ’’Kami datang untuk meminta provinsi mengembalikan berkas perbup. Sebab, bagi kami, pembahasan APBD harus berjalan,” ungkap Nasir usai pertemuan tertutup dengan Kepala Biro Keuangan Pemprov Lampung Lizar Ansyori waktu itu.

Sumber : www.radarlampung.co.id