Selengkapnya Obyek Wisata Air Terjun Anglo

Posdaya Mekar Jaya : Mengubah Masalah Menjadi Potensi

kkn-tematik-unila-2012-tahap-1
kkn tematik unila 2012 tahap 1

Posdaya Mekar Jaya : Mengubah Masalah Menjadi Potensi.
Gagasan usaha ini awalnya di anggap sesuatu yang aneh oleh masyarakat Dusun Tegal Rejo, desa Gunungrejo, Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran, Lampung. Usaha pemanfaatan limbah dan Gulma pada tanaman Kakao ini akhirnya dapat di respon baik oleh masyarakat. Usaha ini berorientasi untuk mencari keuntungan.
Limbah sisa hasil panen pisang di ubah menjadi sesuatu hal yang bermanfaat dan dapat menghasilkan suatu produk yang inovatif. Bonggol pisang Janten, dan pisang Raja di olah menjadi kripik bonggol pisang dengan aneka rasa. Kripik bonggol pisang ini di hasilkan atas kerjasama gotong royong ibu-ibu anggota Posdaya Mekar Jaya dusun Tegal Rejo, Desa Gunungrejo, kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Kripik bonggol pisang tersebut di produksi dan di kemas secara menarik oleh Posdaya Mekar Jaya. Produk ini tidak memiliki segmentasi pasar khusus artinya produksi ini dapat dinikmati oleh semua kalangan. Target pasar produk ini tidak sekedar pada pemasaran pada pasar lokal melainkan dalam usahanya nanti produk ini dapat menembus pasar swalayan. Tentunya semua ini demi peningkatan pendapatan masyarakat dan setidaknya dapat mengurangi pengangguran.

Posdaya Mekar Jaya terbentuk pada tanggal 3 Februari 2012 melalui kegiatan KKN Tematik Unila 2012 tahap 1, atas kerjasama dan di Bina Langsung Oleh Universitas Lampung. Posdaya Mekar Jaya di resmikan secara Langsung oleh Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S.
Produk lain yang di hasilkan oleh Posadaya Mekar Jaya dusun Tegal Rejo adalah kripik Sintrong. Kripik sintrong berbahan dasar berupa daun Sintrong, daun sintrong itu sendiri merupakan gulma dalam kebun kakao. Usaha kripik Sintrong ini setidaknya sudah memiliki keuntungan sebelum di pasarkan yaitu membantu petani untuk mengatasi gulma yang mengganggu proses produksi kakao.

Dekan Fakultas Pertanian UNILA menuturkan disela-sela acara peresmian Posdaya Mekar Jaya Dusun Tegal Rejo “Kegiatan ini baik perlu ada keberlanjutan dan pendampingan, Fakultas Pertanian UNILA siap membantu “.
Saat di temui di Kediaman Kepala Desa Gunungrejo, bapak Suranto menuturkan harapanya “dengan adanya KKN tematik  Unila ini setidaknya ada 3 buah Posdaya yang dapat bergerak, hal ini dapat sejalan RPJMdes “ Tutur Suranto.

Posdaya Mekar Jaya memiliki kegiatan ekonomi yang bergerak di bidang UMKM pembuatan kripik bonggol pisang, kripik sintrong, dan kripik daun singkong. Kegiatan kesehatan dan lingkungan  posdaya Mekar Jaya mengembangkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Divisi pendidikan Posdaya Mekar  Jaya memiliki rumah pintar yang merupakan tempat bacaan dan peminjaman buku pendidikan untuk semua kalangan mulai dari buku untuk anak-anak sampai buku tentang pertanian.
**(Mouw Choe Zahra / KKN Tematik Unila 2012 Tahap 1)