Selengkapnya Obyek Wisata Air Terjun Anglo

Pilgub Digelar Oktober 2013

BANDARLAMPUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung memastikan pelaksanaan pilgub akan digelar pada Oktober 2013. Ini merupakan hasil konsultasi ke KPU Pusat dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 8–9 Maret 2012.

Setelah mengetahui kepastian pelaksanaan pilgub, selanjutnya KPU akan membahas tahapan pelaksanaan pilgub mulai pekan depan. Di antaranya menyusun jadwal tahapan pilgub. ’’Berdasarkan penjelasan mereka (KPU Pusat dan Kemendagri, Red), pilgub akan dilaksanakan paling lambat Oktober 2013,” tegas Ketua KPU Lampung Edwin Hanibal saat dihubungi Radar Lampung kemarin.

Majunya pelaksanaan Pilgub Lampung yang seharusnya digelar 2014, sama dengan Pilgub Lampung 2008 yang digelar lebih cepat. Menurut Edwin, majunya jadwal pilgub didasarkan dengan penganalogian pasal 233 UU No. 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah. Di mana untuk gubernur/wali kota/bupati yang masa jabatannya berakhir November–Juli 2009/2014, maka pelaksanaan pemilukada-nya paling lambat Oktober 2008/2013.

’’Kami juga diberi gambaran bahwa pemilukada pada 2013 akan bersamaan dengan jadwal tahapan pelaksanaan pemilu legislatif,” ujarnya seraya menyatakan rombongan KPU yang ke Jakarta di antaranya para komisioner, yakni Sholihin, Firman S., Zulkifli M., Lutfi S., dan Selamet P.

Mengenai tahapan pelaksanaan Pilgub Lampung, Edwin mengakui hingga kemarin KPU memang belum membahas jadwal. Pihaknya baru membahas rencana kebutuhan anggaran (RKA) untuk pilgub. ’’Sekarang kan sudah pasti (pelaksanaan pilgub, Red). Jadi, kami akan mulai pembahasan jadwal tahapan. Sebelumnya, kami juga sudah mulai  mengumpulkan data-data pendukung. Seperti data jumlah penduduk, jumlah pemilih, jumlah kecamatan, dan jumlah kelurahan/desa/pekon/kampung. Kemudian jumlah TPS dan data lainnya sebagai pendukung untuk penyusunan RKA,” ungkapnya.

Sumber : www.radarlampung.co.id