Selengkapnya Obyek Wisata Air Terjun Anglo

Persepsi Masyarakat Desa Terhadap Peranan Mahasiswa KKN Dalam..

Pendidikan / image : manchester.edu

Persepsi Masyarakat Desa Terhadap Peranan Mahasiswa KKN Dalam Pembangunan Masyarakat Desa (Studi di desa Gunungrejo kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran).

Target utama pembangunan Indonesia adalah masyarakat pedesaan dengan harapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mahasiswa harus memainkan peran dalam kegiatan ini. Salah satu peran adalah dengan pelayanan publik melakukan siswa (atau KKN). Keberhasilan dalam melakukan pelayanan publik siswa tidak hanya tergantung pada kinerja siswa dalam masyarakat tetapi juga pada dukungan publik.

Oleh karena itu persepsi masyarakat sangat menentukan dalam melakukan pelayanan publik siswa, sehingga persepsi publik pada layanan publik siswa dalam mengembangkan masyarakat pedesaan perlu untuk mencari tahu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan persepsi publik tentang peran siswa dalam layanan publik siswa (KKN) dalam mengembangkan masyarakat pedesaan berdasarkan klasifikasi tingkat usia, pekerjaan, dan pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Desa Gunungrejo Kecamatan Padang Cermin di Kabupaten Pesawaran, dengan penduduk mayoritas petani dengan usia tua dan tingkat pendidikan yang rendah.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel 27 responden di setiap klasifikasi usia, pekerjaan, dan tingkat pendidikan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara. Data diolah dengan SPSS; perangkat lunak dari pengolah data statistik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan yang lebih tinggi cenderung memberikan apresiasi lebih negatif kepada siswa. Berdasarkan pekerjaan, pengangguran memiliki persepsi yang positif terhadap siswa. Petani dan PNS harus persepsi negatif kepada siswa.

Irma Wahyuni, Dewi Ayu Hidayati, 2013
*Jurnal UNILA