Selengkapnya Obyek Wisata Air Terjun Anglo

Pemanfaatan Lingkungan Rumah Menjadi Lahan Produktif

Sayuran (polybag, bambu)

Gunungrejo, Way Ratai – Pemanfaatan lingkungan rumah menjadi lahan produktif. Pemanfaatan halaman rumah di desa gunungrejo dengan di tanami sayuran ekonomis, baik dengan media polybag, paralon bertingkat maupun bambu yg disusun. Selain bisa dikonsumsi, bisa bermanfaat juga sebagai tanaman hias yang sangat bisa mempercantik rumah.

Penjualan sayuran ini dikoordinir oleh kelompok tani wanita tiap-tiap dusun, dan dibantu pengelolaannya oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dan BUMDes-pun berperan aktif dalam memasarkannya, baik secara offline maupun online.
Ys, dipasarkan secara online via website desa maupun akun sosial media milik desa. Seperti hal nya mereka lakukan dalam “menjual” spot wisata Air Terjun Anglo via instagram dan facebook.

Semakin di gali, semakin banyak inovasi yg telah dilakukan desa ini. Seperti teknologi tepat guna memanfaatkan turbin air dan gravitasi untuk menghasilkan listrik yang bisa menerangi 20 an rumah di salah satu dusun yang berada di desa tersebut.

Pemanfaatan air kencing kelinci sebagai pupuk cair alami, pemanfaatan kotoran sapi yg menghasilkan biogas (dalam proses), pembuatan produk jamu herbal, dan masih banyak lagi inovasi yg telah mereka lakukan. Walaupun desa ini jauh dari pusat pemerintahan kabupaten Pesawaran, tapi tidak menyurutkan semangat mereka untuk maju. Terbukti dengan selalu update nya website desa dan sosmed desa yg mereka kelola.

Pemanfaatan internet, telah membantu mereka untuk mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan. Kini desa itu dipercaya untuk mewakili kabupaten Pesawaran untuk mengikuti lomba desa. Semoga semangat ingin maju, mandiri dan sejahtera ini dapat menular ke seluruh desa yg ada di Pesawaran lainnya.

Slogan kami sederhana mas “Desaku hijau desa wisata”, ujar kepala desa Suranto. Yup, berkeliling di desa ini seolah olah kita berwisata. Semoga jaya dan sukses Desa Gunungrejo. (Andan Jejama)