BUMDes “Badan Usaha Milik Desa”. Sesuai dengan amanat permedagri no 39 tahun 2010 tentang Badan Usaha Milik Desa yang menyebutkan bahwa : “untuk meningkatkan kemampuan keungan pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pendapatan masyarakat melalui berbagai kegiatan usaha ekonomi masyarakat pedesaan, didirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa” lalu di luncurkanya UU no 6 tahun 2014 tentang Desa dan kemudian diikuti dengan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal No. 4 Tahun 2015 tentang pendirian, pengurusan pengelolaan dan pembubaran Badan Usaha Milik Desa, maka diharapkan Desa mampu mengelola ekonomi masyarakat Desa itu sendiri melelui Badan Usaha Milik Desa.

Pada tanggal 5 Januari 2015 desa Gunungrejo mulai membentuk Badan Usaha Milik Desa secara resmi yang di tuangkan dalam perdes nomor 1 Tahun 2015 tentang pendirian BUMDES TUNAS JAYA, yang diharapkan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat melalui unit – unit usaha bumdes dan mampu menghasilkan PAD Desa sehingga nantinya Desa Gunungrejo dapat menjadi Desa mandiri. Pada awal berdiri Bumdes Tunas Jaya mulai bergerak di dua unit usaha yaitu usaha PAMDESA dan Pasar desa, pada tahun 2016 unit usaha Bumdes mulai di kembangkan lagi dengan menggali potensi alam yang ada dengan pendanaan yang di danai oleh dana Desa yaitu pengelolaan wisata air terjun yang kami beri nama “AIR TERJUN ANGLO” dimana unit usaha wisata ini bekerja sama dengan karang taruna dengan tujuan untuk memberdayakan generasi muda dan mengurangi angka pengangguran, pada akhir tahun 2016 Bumdes Tunas Jaya mulai bekerja sama dengan BRI dengan melakukan pelayanan masyarakat melalui BRILINK dan mulai berjalan pada bulan Januari 2017.

Dalam rangka untuk pengembangan usaha dan sesuai dengan amanat menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal yaitu one village one product maka pada Tahun 2017 ini Bumdes Tunas Jaya juga akan mengembangkan produk unggulan desa.

Unit – unit usaha Bumdes

  1. PAMDESA

 

Pada tahun 2012 desa Gunungrejo mendapatkan bantuan air bersih perpipaan melalui dana APBN yang dilaksanakan oleh provinsi, pada awalnya pengelolaan dilakukan oleh desa dengan membentuk pengurus lapangan tetapi sejak berdirinya Bumdes Tunas jaya maka pengelolaan Pamdesa ini diserahkan sepenuhnya pengelolaanya kepada Bumdes Tunas Jaya dengan harapan pengelolaan akan lebih baik dalam melayani konsumen dan mampu meningkatkan PAD Desa.

  1. Pasar Desa

Salah satu usaha yang dikelola Bumdes Tunas Jaya sejak awal berdiri adalah pasar desa, dan sejak dikelola oleh Budes pasar desa Gununrejo saat ini lebih tertata walaupun pelaksanaan kegiatan jual beli hanya satu hari dalam seminggu, tetapi tidak menyurutkan pengurus Bumdes untuk terus menata dan mengelola unit pasar desa ini.

  1. Wisata

Pada awal 2016 Bumdes Tunas Jaya bekerja sama dengan karang taruna dan pemerintahan desa beserta masyarakat mulai membuka wisata air terjun, dari pembuatan badan jalan sampai dengan pembuatan fasilitas didalamnya semua dilaksanakan secara gotong royong sampai dengan wisata ini mulai dibuka dan dikelola, pada akhir tahun 2016 Pemerintah Desa juga telah membantu pembuatan bendungan sederhana dalam rangka untuk memberikan fasilitas dan kenyamanan pengunjung.

  1. BRI LINK

Untuk mempermudah pelayanan masyarakat dalam transaksi perbankan dan membuka jasa pelayanan yang lain maka Bumdes Tunas Jaya saat ini sudah bekerja sama dengan Bank BRI dengan membuka Brilink.

  1. Produksi dan Perdagangan

Unit usaha produksi dan perdagangan merupan unit usaha yang sangat menjanjikan, dimana hasil dari ukm, pertanian, dan produk desa lainya bermuara di unit ini.

 

Dalam perencanaan APBDES tahun anggaran 2017 pemerintah desa Gunungrejo telah menganggarkan pendanaan untuk penguatan modal usaha Bumdes, beberapa jenis usaha yang akan dilaksanakan adalah produksi jamu herbal, Saprodi pertanian, percetakan dan sablon, pemijahan ikan lele melalui karang taruna desa sesuai dengan potensi yang ada di desa Gunungrejo.

Berikut susunan kepengurusan Bumdes Tunas Jaya: