Selengkapnya Obyek Wisata Air Terjun Anglo

Harga Cabe Anjlok Petani Merugi

Cabai Merah (Ilustrasi)

Gunungrejo, Way Ratai – Tercapainya tujuan pemerintah untuk menurunkan harga cabe berdampak negatif terhadap para petani cabe, saat ini harga cabe di tingkat petani Rp. 11.000 per Kg. Di wilayah Kec Wayratai dan se kitarnya, apabila dikalkulasi dengan modal tanam maka petani akan merugi, jika harga ini terus bertahan atau bahkan terus merosot maka akan banyak petani cabe yang gulung tikar.

Disinilah diperlukan kebijakan dari pemerintah dimana semua keinginan ataupun kebutuhan kelompok masyarakat harus dapat di akomodir tetapi dampak positif dan negatifnya pun harus di fikirkan, kelompok petani adalah kelompok produsen dimana tingkat kesulitan dan kemiskinan lebih banyak ada disini sementara itu kelompok konsumen lebih banyak kelompok masyarakat menengah keatas, ketika harga cabe merosot maka akan berdampak kepada tingkat kemiskinan yang akan meningkat dikarenakan itu adalah penghasilan pokok mereka sementara apabila harga cabe melonjak itu tidak akan berdampak kepada bertambahnya kemiskinan dari kelompok menengah keatas karena cabe hanya barang konsumsi bagi mereka bukan kebutuhan pokok untuk mencaripenghasilan.

oleh sebab itu perlu dikaji ulang kebijakan pemerintah untuk menurunkan harga cabe sampai dengan mengadakan impor cabe hingga harga ditingkat petani menurun tajam, kesetabilan harga untuk dapat mengakomodir keinginan semua masyarakat dengan melihat dampak positif dan negatifnya itu yang paling utama.

Atot-Sr