Selengkapnya Obyek Wisata Air Terjun Anglo

APDESI Way Ratai Garap Air Terjun jadi Destinasi Wisata

Rapat APDESI di Obyek Wisata Desa Harapan Jaya, 4 Okt 2016

Radarlamsel.com – Potensi alam yang dimiliki Kecamatan Way Ratai tidak disia-siakan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Way Ratai. Mereka akan menggali dan mengembangkan potensi yang ada diwilayah setempat.

Ketua Apdesi Kecamatan Way Ratai Suranto mengatakan, salah satu upaya Apdesi Kecamatan Way Ratai untuk menggali potensi yang ada diwilayah setempat adalah mengembangkan potensi wisata yang ada, salah satunya adalah mengembangkan air terjun di setiap desa yang ada di Kecamatan Way Ratai sebagai destinasi wisata alam dan tirta diwilayah setempat.

“Di Kecamatan Way Ratai ini ada 10 desa, dan ada beberapa desa yang memiliki air terjun, seperti Desa Gunungrejo, Desa Harapan Jaya dan Desa Ceringin Asri,” kata Suranto, kemarin.

Disampaikan Suranto, untuk mengembangkan potensi wisata yang ada disetiap desa tersebut, Apdesi Kecamatan Way Ratai selalu mengadakan rapat rutin bulanan yang dilakukan secara marathon di setiap desa guna membahas pengembangan potensi wisata dimasing-masing desa.

“Rutin setiap bulan kami melakukan rapat koordinasi disetiap desa secara bergiliran, rapat koordinasi ini kami lakukan untuk mengembangkan agar desa-desa diwilayah kecamatan Way Ratai ini menjadi desa wisata di Kabupaten Pesawaran,” ungkap Kepala Desa Gunung Rejo ini.

Dikatakan Suranto, rapat koordinasi yang rutin dilakukan setiap bulan itupun selalu dilakukan dilokasi obyek wisata yang akan dikembangkan. Sehingga, dalam upaya melakukan pengembangan potensi obyek wisata yang ada, dapat diketahui secara langsung berbagai kendala yang dihadapi.

“Kami, 10 orang kepala desa diwilayah Kecamatan Way Ratai ini saling bahu-membahu dan saling membantu antar desa, karena kami mempunyai prinsip, jika harus maju, maka maju bersama,” tegas Suranto.

Selain potensi pariwisata, desa-desa yang berada diwilayah Kecamatan Way Ratai masih banyak memiliki potensi, seperti potensi pertanian dan budidaya ternak yang juga terus dikembangkan oleh masing-masing desa diwilayah setempat.

“Tidak hanya potensi pariwisata, beberapa potensi yang ada dimasing-masing desa juga kami saling berusaha untuk mengembangkannya, tujuan kami bersama kepala desa diwilayah kecamatan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Sumber : http://www.radarlamsel.com/apdesi-wayratai-garap-air-terjun-jadi-destinasi-wisata/

LIhat juga : Rapat APDESI di Obyek Wisata Desa Harapan Jaya